« Home | d best nih... :D » | belanja belanji,dasar wanita....!!!! » | ampuuuuuuuuunnnn... :( » | puitis bgt gitu lho...... » | coklat ...oh...coklat » | my first blog » 

Monday, February 28, 2005 

hihi... hah cacingan???

Sudah Dewasa, kok Cacingan...

Sudah tua kok cacingan. Bukannya cacingan itu penyakit anak-anak? Eh, jangan salah lho. Anda yang berusia di atas 20 tahun tetap bisa terkena 'penyakit' yang agak memalukan ini. Apalagi jika gaya hidup kurang sehat.


Cacingan pada orang dewasa disebabkan oleh cacing tambang, sedangkan pada anak-anak cacingan lebih banyak ditemukan karena cacing gelang dan cacing cambuk.

Cacingan merupakan penyakit yang endemik dan kronik. Tidak mematikan, tetapi mengganggu kesehatan tubuh manusia. Dan, akhirnya bisa menurunkan kualitas sumber daya manusia.

Penderita cacingan akan kurang gizi, anemia, mengeluhkan saluran pencernaan, mengalami penurunan daya tahan tubuh, penurunan kemampuan belajar pada anak, dan penurunan produktivitas kerja pada orang dewasa. Untuk memastikan seseorang mengidap cacingan atau tidak dapat ditegakkan lewat pemeriksaan feses di laboratorium. Jika pada feses ditemukan telur cacing, maka seseorang positif menderita cacingan, menurut dr. Adi Sasongko, pemerhati masalah cacingan.

Di Indonesia cacing yang paling banyak menginfeksi manusia dan ditularkan lewat tanah ada tiga jenis, yaitu cacing gelang (Ascaris lumbricoides), cacing cambuk (Trichiuris trichiura), dan cacing kait atau cacing tambang yang terdiri atas Necator americanus dan Ancylostoma duodenale. Dari dua jenis ini yang banyak ditemukan di Indonesia Necator americanus.

Cacingan karena cacing gelang dan cacing cambuk banyak ditemukan pada anak usia sekolah, karena umumnya anak-anak suka main tanah. Penularan terjadi lewat tanah yang tercemar oleh telur cacing. Biasanya cacing akan ke luar bersama tinja penderita cacingan, lalu bertelur di tanah. Maka, kalau ada orang yang cacingan dan buang air besar (BAB) di sembarang tempat, tanah tempat BAB tersebut bisa tercemar oleh telur cacing. Sehingga, bila ada anak bermain tanah yang tercemar oleh telur cacing dan dia langsung makan tanpa cuci tangan dulu, telur cacing akan masuk ke dalam tubuh dan menginfeksi usus si anak.


taken from : hanyawanita.com

Where did you find it? Interesting read Diamond fire gl 3000 graphic card program

Post a Comment

Tentangku

  • I'm DweeQ
  • From medan, Indonesia
  • nikmati hidup, tidak harus jadi yang terbaik tapi lakukanlah yang terbaik.
My profile

Ngobrol Yuk

www.flickr.com
This is a Flickr badge showing public photos from DweeQ. Make your own badge here.